Tidak Jelas

Aku, gadis berusia yang akan menginjak ‘kepala dua’ ini merasa bahwa sudah terlau lama merasa hampa, like has lost way for life, merasa bosan dan aku merasa kosong. Bukan berarti tak ada Tuhan di hatiku, namun maafkan aku Tuhan, nampaknya hambaMu ini masih ada rasa cinta terhadap dunia yang sebenarnya hanyalah sebuah ilusi.

I look like heartless for everything and also for respond someones do. This is i really don’t want, for sure.

Memang seharusnya aku tak terlalu berharap pada seseorang bahkan kepada sahabat sekali pun. Saat berharap, kemungkinan yang kita terima yaitu sesuatu yang baik dari yang kau harapkan atau seuatu yang tidak baik dari yang kau harapkan atau bahkan kau menerima keduanya sekaligus. Notabenenya ternyata kita hanya menerima yang tidak baik atau yang benar – benar kita tidak harapkan. Aku rasa karena kita terlau fokus pada pengharapan itu yang seharusnya kita tak menaruh harapan padanya. Sebaiknya, kita hanya berharap pada Tuhan kita tentang apa ynga kita harapkan, berusaha lalu berpasrah kepadaNya. Sayangnya, ilmu yang aku punya belum setinggi para sufi. Akhirnya, aku selalu melakukan hal yang sama. Ya, hal yang baru aku sebutkan di atas. Apa hanya aku seorang?

Aku mulai bertanya – tanya, sebernarnya diantara waktu dan jarak, manakah yang paling kuat?

Manakah yang paling kuat hingga dapat merubah suatu hubungan?

Ini bukan hubungan yang seperti yang kau pikirkan. Lalu kau bertanya apa hubungan yang aku maksudkan?

Ah, apa yang ada di dalam diriku sekarang ini mungkin hanya kemungkinan atau memamng perasaanku saja. Hubungan yang aku maksudkan bukan tentang hubungan kekasih, tapi yang aku maksudkan adalah hubungan antara teman – temanku dan jua sahabat – sahabatku.

Dan aku kembali bertanya, manakah yang paling kuat antara waktu dan jarak? Atau ada hal lain selain kudua hal itu?

Aku merasa bahwa kehangatan antara mereka mulai terasa tidak terlalu kuat bahkan terasa hambar untukku. Ketika aku mencoba untuk nge-chat mereka dengan rasa antusias tapi aku mendapat balasan serata dinding rumah. Datar. Akhir – akhir ini aku merasa sepert itu. Tak seperti semula. Salahnya aku ya terlalu berharap bahwa es takkan dapat mencair di terik panas matahari, terlalu berharap bahwa aku dapat memperbaiki serpihan cermin(anku) kembali agar aku dapat merasakan sesuatu yang nyaman untuk waktu yang cukup lama, selamanya.

Aku sadar bahwa aku telah lama tak kembali ke kampung halamanku cukup lama. Aku sadar bahwa negeri perantauanku tak hanya membutuhkan kaki saja untuk menjununya dan untuk kembali ke negeri asal.

Aku pikir mereka akan sabar menanti kepulangannku, namun tak semua seperti itu. Aku pikir dengan pergiku mereka tak akan merubah kehangatan kami tapi apa yang dirasakan sekarang tak seperti yang aku harapkan. Kau pun tahu, aku bukan orang yang dapat pulang dengan waktu yang cukup sering. Ini berhubungan dengan keadaan finansialku, kau tahu itu. Di luar kehendakku, sebenarnya aku pun ingin berjupa dengan kalian.

Aku pikir kalian melakukan hal yang sama sepertiku, mempertahankan persahabatan kita, tapi diluar dugaanku kau diam tak melakukan apapun. Kembali lagi seperti dahulu, aku melakukannya sendirian. Sikapnya, membuatku ogah untuk kembali menemuinya. Daftar kunjunganku ketika aku pulang telah berubah, aku hanya akan kembali ke rumahku, bertemu dengan orang yang tak merubah kehangatannya yaitu keluarga terutama kedua orang tuaku.

Maafkan aku.

Sikapmu mempengaruhi tindakkanku. Aku akan kembali ketika aku telah merasa tenang dan kecewaku mereda. Aku takkan menemui kalian dengan keadaan aku yang seperti ini. Akan memakan waktu yang cukup lama untuk sembuh, tapi aku harap tak lama.

see you soon.

Leave a Reply

